Resep Cara Membuat Kue Lumpur Lapindo Khas Dari Sidoarjo

Diposting pada

Resep Cara Membuat Kue Lumpur Lapindo Khas Dari SidoarjoResep Biyen, Kue lumpur ini memang salah satu makanan khas kota Sidoarjo maupun Surabaya dan ternyata kue lumpur ini sudah ada sebelum terjadinya Lumpur Lapindo di Sidoarjo. Jadi dinamakan kue lumpur bukan pengaruh dari peristiwa Lumpur Lapindo, melainkan karena kue ini memiliki isi yang berbentuk seperti lumpur yaitu teksturnya yang agak lembek ditengah dan meleleh di mulut ketika dimakan. Cara untuk membuatnya juga tidaklah terlalu susah.

Sebenarnya untuk kue yang lembut di mulut ini nyaris sama apabila kita bandingkan dengan kue lumpur kentang susu keju dan juga kue lumpur tidak dengan kentang. Pembedanya hanya kue ini lebih sedikit basah & juga lebih lumer ketika dimakan. Seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak juga untuk penikmat kue lumpur yang coba mengkresikannya dalam bermacam-macam jenis rasa. Kenikmatan yang didapat semakin bertingkat dari hari ke hari.

Bahan-Bahan:

– 25 gr tepung terigu
– 600 ml santan kelapa yang kental
– 25 gr tepung maizena
– 50 gr margarine
– 5 lembar daun pandan
– 100 gr gula pasir
– 9 butir kuning telur ayam
– 5 butir putih telur ayam
– 1/2 sdt baking powder
– 1/2 sdt vanili
– garam secukunya saja

Cara Membuat Kue Lumpur Lapindo :

  • Langkah pertama : Ambil terlebih dulu santan kurang lebih 350 ml, lalu rebus bersama dengan daun pandan sampai benar-banar mendidih, kemudian angkat dan sisihkan.
  • Langkah kedua : gunakan wadah yang lainnya, masak margarine bersama dengan sisa santan tadi, lalu aduk dan tunggu sampai mendidih lalu angkat.
  • Langkah ketiga : Tambahkan tepung maizena, kemudian tepung terigu, garam dapur, gula pasir dan vanili yang telah anda siapkan. Aduk hingga tercampur sampai benar-benar rata.
  • Langkah keempat : Tuangkankan rebusan santan dengan cara perlahan sambil diaduk, kemudian setelah itu anda sisihkan.
  • Langkah kelima : Kocok kuning telur dan putih telur sampai mengembang selanjutnya masukkan adonan sambil diaduk sampai dengan tercampur secara merata. Langkah seterusnya, maka anda tambahkan pula baking powder dan aduk sampai benar-benar tercampur.
  • Langkah terakhir : Siapkan cetakan dan olesi cetakan dengan minyak. kemudian Panaskan cetakannya, setelah itu masukkan adonan sampai 3/4 tinggi dari cetakan. Selanjutnya anda masak adonan tadi masak kurang lebih 35 menit.
  • Dan kue lumpur lapindo khas dari sidoarjo ini siap untuk dihidangkan.

Mudah bukan?, Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *