Cara Mengolah Jantung Pisang Agar Tidak Hitam Dan Bebas Getah

Diposting pada

Cara Mengolah Jantung Pisang Agar Tidak Hitam dan Bebas Getah, Resepbiyen.com – Olahan jantung pisang memang punya cita rasa sendiri. Ada berbagai macam olahan yang bisa dibuat dari jantung pisang, seperti sayur lodeh, tumisan, dan bothok jantung pisang. Cuma masalahnya getah jantung pisang kadang cukup sulit dihilangkan. Bahkan bisa juga membuat jantung pisang hitam & rasanya getir dilidah / pahit karena getahnya.

Agar jantung pisang tidak hitam dan bebas getah, ada tips mudah yang bisa dicoba. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di sini agar bisa langsung dicoba sendiri di rumah.

– Cara Yang Pertama Direbus Lalu Diremas

Didihkan air terlebih dahulu, kecilkan api, potong jantung pisang jadi 4 bagian lalu masukkan dalam rebusan air. Pastikan seluruh bagian jantung pisang terendam, kemudian masak sampai empuk sambil dibolak-balik terus menerus. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
Selanjutnya, pindahkan jantung pisang dalam wadah, beri air bersih secukupnya saja. Kemudian diremas-remas sampai getahnya benar-benar hilang dan bersih. Di sini nanti jantung pisang akan tampak lebih bersih dan bebas dari getah. Baru selanjutnya potong-potong sesuai keinginan anda untuk diolah jadi hidangan favorit.

– Cara Yang Kedua Direbus dengan Daun Singkong

Untuk mengurangi rasa pahit jantung pisang, bisa merebusnya terlebih dahulu dengan daun singkong. Cuci bersih jantung pisang dan beberapa lembar daun singkong. Masak air sampai mendidih, kemudian rebus jantung pisang bersama daun singkong. Setelah jantung pisang empuk bisa langsung diangkat & dipotong sesuai keinginan anda.

– Cara Yang Ketiga Direndam dengan Air Garam

Agar getah pahit keluar, rendam jantung pisang dengan air gram. Konsentrasi air garam yang cukup tinggi dapat mengeluarkan getah pahit yang terkandung di dalam jantung pisang dengan lebih cepat. Nanti buang air rendamannya, baru direbus untuk diolah.

– Cara Yang Keempat Direndam Semalamam

Untuk jantung pisang yang masih dalam keadaan segar / baru dipetik dari pohon, lebih baik jangan langsung diolah. Siangi terlebih dulu lalu rendam dengan air biasa selama semalaman penuh. Kemudian direbus sampai empuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *